Kamis, 04 Februari 2016

Wisata Bengkulu Tengah

Kabupaten Bengkulu Tengah atau kata masyarakat Bengkulu biasa menyebutnya Kabupaten Benteng juga memiliki beberapa objek wisata sejarah dan pesona alam nya... walau ada beberapa wisata yang cukup terbilang jarang orang tahu tapi gak ada salahnya kan kalau saya menyebutkan di sini... yuk kita intip apa saja sih....






1. Taman Liku Sembilan atau Kelok Sembilan
Objek wisata ini berada di kawasan cagar alam Hutan Lindung Taba Penanjung yang luasnya kurang lebih 46 hektar. Dibelah oleh jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah dan Kepahiang. Hutan tropis yang kaya akan mata air ini menjadi habitat asli bunga Rafflesia arnoldii dan menjadi rumah yang nyaman bagi binatang-binatang seperti monyet, harimau dan burung-burung yang ada di kawasan ini.












2. Bukit Kandis dan Gunung Bungkuk


Wisata alam Bukit Kandis dan Gunung Bungkuk merupakan bagian Hutan Lindung Kabupaten Bengkulu Tengah. Banyak pelancong yang memanfaatkan tempat ini sebagai  kegiatan alam bebas seperti hiking, mountainiring, jelajah alam bebas, berkemah dan hiil climbing.








3. Pantai Sungai Suci



Objek wisata Pantai Sungai Suci merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu yang banyak dikunjungi wisatan lokal dan luar daerah. Pantai ini juga merupakan salah satu lokasi mencari batu akik (batu cincin), karena cukup banyak bertebaran di sepanjang pantai.










4. Air Terjun Embun



Air terjun embun yang terletak di di Desa Langanbungin Kecamatan Talangempat, Kabupaten Bengkulu Tengah dengan ketinggian sekitar lima meter merupakan salah satu objek wisata yang potensial untuk dikembangkan.














5. AIR TERJUN DATAR LEBAR.
Objek wisata Air terjun desa Datar Lebar ini terletak di kabupaten Bengkulu Tengah Tepatnya di Kawasan Hutan Lindung taba penanjung Desa Datar Lebar. Air terjun setinggi 15 meter ini berada kurang lebih 10 Km dari jalan raya. Karena aksesnya yang masih relatif susah ditempuh, maka objek wisata ini kurang diminati, padahal jikalau kita mau berusaha sedikit dan menikmati suasana hutan yang masih asri, rasa letih tersebut dapat terobati dengan pemandangan alam air terjun tersebut

http://pariwisata.bengkuluprov.go.id/ver1/images/stories/air%20terjun%20datar%20lebar.jpg






6. Benteng Coa Sako

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-XYkrAz5lpXNiYOcH-LsjttnOH6uv_0P-KaVUCVA5T7LoXJ1Fy-5Hv__jfNv9GgSKCMk_ISRLpkgjffkNz4WioVWt84ng51e6EsFvS-sYCkr8vt6vw-t4A6q7alBLh_9Z2278SOcSdfK9/s320/bunker+coa+sako.jpg

Bunker Coa Sako merupakan Cagar Budaya yang berbentuk sebuah bunker atau tempat perlindungan di bawah tanah yang dibangun pada era jaman penjajahan Jepang di Bengkulu Tengah. Bangunan bunker Coa Sako berjumlah 3 ruangan yang setiap ruangannya tidak saling berhubungan antara satu dengan ruang bunker lainnya. Benteng ini berlokasi di Kecamatan Taba Penanjung.










7. Taman Hutan Raya Rajo Lelo


https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEgf9TkiQyB2T-l6hTU-duYZ2zk_7aBFay2m_xhrorNHNRJZeHxs5iP7aiKsv2CYrc2cgJv5wPHBh9hKI6lysjKNhSDJlnl8AJphssxfkIjfHxqdd3ghhTMQExlMBJnU-xCQLqqVIijUGgzJR5GgQSX_cyB8CfyBo5Q-H9viwFn-bqedUZt7hu-9TVCfjDHcOTJV=

Terletak di Desa Bentiring sekitar 10 Km dari Kota Bengkulu. Taman Hutan Raya ini memiliki banyak koleksi tumbuhan langka, lokasi yang dekat dengan kota menjadikan tempat ini menarik untuk kegiatan rekreasi, out bound dan areal penjelajahan hutan dengan panorama alam yang indah serta dilengkapi berbagai fasilitas, arena terbuka, gardu pandang, air bersih, penginapan dan kantor pengelola







8. Danau Berwarna Hijau

Di puncak bukit Desa Surau Taba Penanjung ternyata ada danau yang cukup menari. Danau yang cukup luas ini airnya berwarna hijau. Menurut cerita masyarakat di sekitar Taba Penanjung, danau ini terbentuk sekitar tahun 1970an, saat dibukanya perusahaan tambang batu bara.
Terdapat 3 danau di tempat ini. Meskipun di ketahui eks pertambangan batu bara, danau warna hijau ini masih menjadi tanda tanya besar di tengah masyarakat. Karena selain warna airnya hijau dan bersih, di danau ini banyak sekali ikan air tawar terutama ikan pelus dan gabus, yang tidak diketahui asal muasalnya.
Untuk menuju danau ini, memerlukan jalan kaki sekirat 5 kilometer dari Desa Surau, dan sekitar 6 kilometer dari ruas jalan lintas Bengkulu-Kepahiang. Masuk disimpang Desa Taba Baru terus melintasi jembatan Sungai Rindu Hati. Jalan menuju danau ini penuh dengan tanjakan, terjal dan bebatuan. Di sisi kiri kanan setiap jalan terdapat jurang yang cukup dalam.
( Sumber : http://
harianrakyatbengkulu.com/danau-berwarna-hijau/)




9. Makam Putri Darah Putih terletak di Desa Taba Pasmah Kecamatan Talang Empat.

10. Dam Lubuk Serigo terletak di Kelurahan Taba Penanjung Kecamatan Taba Penanjung.

11. Air Terjun Peh terletak di Desa Tanjung Heran Kecamatan Taba Penanjung.

12. Kolam Renang Belanda terletak di Desa Tanjung Heran Kecamatan Taba Penanjung.

13. Prasasti Batu Jung terletak di Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung.

14. Makam Raja Gogok terletak di Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung.

15. Ritual Lonjok terletak di Desa Karang Nanding Kecamatan Karang Tinggi.

16. Benteng Belanda terletak Desa Talang Empat Kecamatan Karang Tinggi.

17. Air Terjun terletak di Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang.

18. Air Terjun Bio Tik Siang terletak di Desa Jambu Kecamatan Merigi Kelindang.

19. Air Terjun terletak di Desa Rena Kandis Kecamatan Pagar Jati.

20. Arung Jeram terletak di Desa Pagar Jati Kecamatan Pagar Jati.

21. Bendungan PLTA Musi terletak di Desa Susup Kecamatan Merigi sakti.

22. Keramat Nibung terletak di Desa Susup Kecamatan Merigi Sakti.

23. Air Terjun Curug terletak di Desa Komering Kecamatan Merigi Sakti.

24. Wisata Alam terletak di Desa Rajak Besi Kecamatan Merigi Sakti.

25. Meriam dan Kelambu Sakti terletak di Desa Susup Kecamatan Merigi Sakti.

26. Air Terjun Curup Sungai Tecuyong terletak di Desa Pondok Kubang Kecamatan Pondok Kubang.

27. Danau Besar terletak di Desa Talang Pauh Kecamatan Pondok Kelapa.  



Sumber : http://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/id/commodityarea.php?ia=1709&ic=1139
              http://yoshiewafa.blogspot.com/2013/03/daftar-lengkap

1 komentar: